Pages

Gagal Fokus

Istilah "gagal fokus" menurutku lg ngetrend ya akhir-akhir ini. Iya gak sih?

Nah, dengan make istilah itu, aku jadi pengen share deh pengalamanku yang sering gagal fokus ini.

Semoga bermanfaat ya. Paling gak, kita sama sama tau. "Lu tuh gua bingiiittss"

Oke, aku mulai dengan pertanyaan, "Pernah gak sih, kamu mulai sesuatu dengan bersemangat tingkat dewa, namun ketika baru saja memulainya kamu ngedapetin semangatmu bener-bener menguap tak berbekas?"

Aku sering.

Contoh nih ya. Beberapa waktu lalu, aku merasa kalau aku ada bakat jadi penulis. Terbukti aku dulu rajin banget diary-an. Bahkan sampe sekarang masih suka sesekali.

Nah, sekali waktu aku baca novel yang di bagian profilnya menyatakan bahwa si penulis memulai karirnya sebagai penulis karena sejak kecil emang suka nulis diary.  Wuiiihhh.. bangkitlah gairahku ini.  Semangaaaatt banget. Membara. Berkobar-kobar.  Dalam hati timbul tekad, "mesti diseriusin nih hobi nulis".

Jadi dengan jiwa terbakar-bakar, aku mulai cari tips-tips jadi penulis yang baik.  Googling!

Oke, dapet!

Tips Pertama, kalau jadi penulis harus suka baca!

Oke, aku suka kok baca. Tapi baca komik. Soalnya banyakan gambar.

Baiklah. Mungkin supaya jadi lebih "penulis" aku harus baca yang agak "berat". 

Pilihan pertama, Alchemist, Paulo Coelho. Bacaaa..!!!

...

...

Asem! Aku gak ngerti, maksudnya apa sih ni buku?

Mungkin kudu turunin standar, pikirku. Otakku gak nyampe.

Pilihan kedua, Maharani, Pearl S. Buck.  Bacaaaa...!!!!

...

...

Astagaahh!! Sampe umur nambah sebulan, buku belum kebaca sampe tengah.  Isinya sih ngerti. Tapi kebanyakan tokoh.  Aku bingung. 

Ganti buku lagi.

Pilihan ketiga, Kafka on the shore, Haruki Murakami.

...

Makin bingung.  Apa sih esensinya si kucing bisa ngomong?

Aaaaargh!! Apa otakku sudutnya di antara 90 dan 180 degree ya?

Di tengah kegundah gulana marica hey-hey, akhirnya aku melabuhkan pilihan terakhir pada "kambing jantan" Raditya Dhika. 

Biiiiiipp!!
Otakku kembali bekerja normal. Aku melahap abis seluruh bacaan dalam sekali duduk.

Tapi sampai di halaman terakhir, aku bingung.  Ngapain sih aku baca buku ginian? Apa juga bagusnya jadi penulis?

Tiba-tiba aku merasa kehilangan arah.  Sedikitpun aku gak nemuin alasan, kenapa aku beberapa waktu lalu semangat jadi penulis?

Kenapa ya? Hihihi.

Nah, aku gitu tuh.  Seriiing banget kejadiannya kayak gitu. Kalo mamaku bilang, aku sejenis orang yang anget-anget tai ayam. Hayoooo... siapa yang ngerti artinya, adik manis?

Menurutmu, itu karena gagal fokus ato kurang motivasi aja ya?

0 comments:

Post a Comment